Tips untuk Mengetahui Cincin Emas Asli

Tips untuk Mengetahui Cincin Emas Asli

Siapa tidak kenal cincin emas, yang mana cincin ini merupakan sebuah perhiasan yang dibuat dari logam mulia emas yang dibentuk dengan melingkar, di mana cincin ini biasanya dipasang melingkar di jari. Logam emas menjadi bahan perhiasan yang sangat populer yang dipakai menjadi material untuk dibuat cincin emas karena  sifatnya yang anti karat.

Apabila Anda ingin membeli cincin emas tapi tak tahu untuk membedakan antara emas asli dan yang bukan. Maka untuk membedakan hal – hal tersebut, Anda dapat melihat dengan beberapa ciri fisik yang nampak.

Tapi untuk bisa mengetahuinya ada pula tips tersendiri yang perlu anda ketahui sebelum membelinya, agar tidak mudah ditipu. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai tipd – tipd tersebut, diantaranya yaitu :

Apa Saja Tips  yang Dapat Dilakukan untuk Mengetahui Cincin Emas Asli ?

 

  1. Fineness dan Karat

Pastinya di dalam perhiasan emas anda akan menemukan finenes / cap dengan angka 999.9 atau dengan tanda kadar emasnya. Biasanya akan ditandai tulisan seperti 10K, 14K, 18K, 22K atau 24K, yang mana angka – angka iini biasanya yang ditelakkan pada bagian tertentu misalnya di bagian dalam cincin.

Apabila tulisannya agak kecil dan susah untuk membacanya, maka anda bisa menggunakan kaca pembesar. Biasanya di toko emas menyediakan kaca pembesar untuk mengetahui kadar emasnya.

  1. Perubahan Warna

Tips berikutnya yang perlu dilkukan untuk mengetahui cincin emas asli atau bukan yaitu anda bisa mengeceknya dengan cara menggosok pada bagian tertentu dengan menggunakan jari anda.

Akan tetapi perlu diingat, bahwa anda jangan asal dalam menggosok karena terdapat beberapa bagian yang bisa diketahui dengan lebih mudah tentang keasliannya.  Contohnya di bagian yang paling sering di pegang tangan / gesekan tangan, anda bisa menggosoknya di bagian tersebut dengan menggunakan jari. Jika ternyata palsu, maka akan ada perubahan warna yang berbeda pada emas tersebut.

  1. Gigit Emas

Tips lain yang bisa anda coba yaitu dengan menggigit emas tersebut. Apabila emas itu asli maka akan tergores, apalagi jika emas yang terkandung merupakan emas murni. Tapi tips ini tidak terlalu di anjurkan karena dapat merusak tekstur emas.

  1. Tarik dengan Magnet

Karena bukan sebuah logam magnetik, maka emas tidak dapat ditarik dengan magnet. Apabila dapat ditarik oleh magnet, maka bisa saja emas tersebut merupakan sebuah logam yang dilapisi emas saja. Akan tetapi cara ini juga tidak bisa menjamin 100%.

  1. Ukur Kepadatan Emas

Sementara untuk cara  yang ini anda dapat mengisi gelas yang terdapat ukuran milimeter dengan menggunakan air. Lalu catat air sebelum memasukkan emas dan ikat emas dengan benang selanjutnya celupkan dengan cara digantung.

Dan anda pun dapat mengecek kembali perbedaan tingkat airnya sebelum dan sesudah di rendam emas. Langkah selanjutnya yaitu gunakan rumus kepadatan untuk menghitungnya yakni dengan rumus kepadatan = massa / volume.

Apabila yang dihasilkan mendekati 19 g / ml maka berarti emas itu asli. Setelah mengetahui beberapa tips yang kami jabarkan diatas, maka anda bisa lebih berhati – hati saat hendak membeli cincin emas.

Supaya anda bisa lebih aman dalam membeli perhiasan, maka anda sebaiknya membelinya di toko emas yang sudah dilengkapi dengan sertifikat. Karena emas yang terdapat sertifikat ini bisa ditanggung keasliannya oleh pihak toko tersebut, dan semoga artikel ini bisa berguna, membantu, dan serta bermanfaat untuk anda semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *