Tips Memenangkan Lelang Mobil Bekas Tanpa Boros

Tips Memenangkan Lelang Mobil Bekas Tanpa Boros

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan mobil bekas adalah dengan cara lelang online yang biasanya diadakan jadwal secara berkala. Satu hal yang mesti diperhatikan adalah bahwa untuk jadi pemenang sebuah unit yang dilelang maka harus menjadi penawar paling tinggi dan tidak ada peserta lain yang berani mengajukan tawaran lagi. Dengan sistem seperti ini, tentu peserta harus bisa mengendalikan diri. Jangan sampai nantinya mendapatkan mobil bekas tapi biaya yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan harga mobil sebenarnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi pemenang pada sebuah lelang tanpa mengalami keborosan.

mobil bekas

 

 

Tentukan limit budget yang disediakan

 

Sebelum mendaftar ke balai lelang, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mencoba untuk menentukan limit budget yang ada saat menang lelang. Hal biasa terjadi adalah banyak peserta yang terlalu bersemangat ketika mengajukan penawaran sehingga boros, makanya penting sekali untuk menentukan limit budget. Jadi ketika penawaran sudah melebih limit budget sebaiknya berhenti untuk mengajukan penawaran kembali. Jangan sampai karena penawaran yang diajukan sangat tinggi sehingga tidak bisa melunasi kendaraan tersebut. Kebijakan dari balai lelang adalah jika pemenang tidak melunasi pembayaran dalam waktu tertentu, maka biaya jaminan tidak akan dikembalikan. Bahkan jika sudah beberapa kali jadi pemenang dan tidak melunasi maka akan didiskualifikasi atau tidak boleh lagi ikut lelang.

 

Cari referensi harga mobil incaran

 

Jika sudah tahu mobil mana yang akan dipilih, selanjutnya coba cari referensi terbaru mengenai harga kendaraan tersebut. Hal ini akan menjadi petunjuk kepada peserta lelang agar bisa tahu limit atau berhenti untuk mengajuka sebuah penawaran. Pada salah satu balai lelang online seperti pada aplikasi IBID sudah disediakan sebuah fitur yang dinamakan market auction price yang disingkat MAP. Fitur ini memberikan petunjuk sekaligus gambaran kepada peserta mengenai estimasi harga, sehingga peserta bisa menyiapkan biaya yang harus tersedia untuk ikut lelang.

 

Waspada penipuan

 

Jika ada orang yang menawarkan agar bisa menang pada lelang tertentu, sebaiknya lebih waspada terhadap berbagai macam aksi penipuan. Apalagi ada yang meminta sejumlah uang untuk membantu memenangkan lelang. Disarakan kepada semua peserta lelang untuk mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan virtual account yang resmi dan bukan rekening milik pribadi. Sekali lagi, semua peserta harus lebih hati-hati terhadap oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Pilih balai lelang resmi

 

Salah satu balai lelang resmi sekaligus terpercaya adalah IBID yang sudah menghadirkan sebuah aplikasi untuk semua kebutuhan lelang. Kebutuhan mulai dari mendaftar, cari kendaraan atau unit yang dilelang, mengetahui jadwal lelang, beli NPL dengan mudah, dan beragam fitur lainnya. Dengan memilih balai lelang yang resmi, maka kegiatan lelang akan semakin aman sekaligus nyaman untuk memperoleh kendaraan berkualitas.

 

Itulah ketiga tips agar peserta bisa memenangkan lelang sesuai mobil yang diincar, mulai sekarang percayakan kegiatan lelang di balai lelang terpercaya seperti IBID.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *