Susy Susanti: Setiap Atlet Punya Batas Waktu untuk Mengakhiri Kariernya, Tontowi Menyadari Hal Ini

Susy Susanti: Setiap Atlet Punya Batas Waktu untuk Mengakhiri Kariernya, Tontowi Menyadari Hal Ini

– Pebulutangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad menyatakan pensiun menyusul partnernya, Liliyana Natsir yang sudah lebih dulu pensiun pada awal tahun lalu. Tontowi hari ini menyatakan pensiun menjadi pebulutangkis. Hal itu ia sampaikan dalam surat yang ia tunjukkan ke Ketua Umum PP PBSI, Wiranto, Senin (18/4/2020). Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti yang mengetahui hal tersebut menerima keputusan Tontowi untuk meniggalkan bulutangkis.

Ia mengatakan bahwa fase gantung raket adalah momen yang pasti dilalui para pemain termasuk Tontowi. Mundurnya Tontowi tentunya menjadi kehilangan bagi tim pelatnas. Susy menilai sebagai atlet dengan segudang prestasi, Tontowi merupakan figur panutan bagi para juniornya di pelatnas. “Tontowi adalah salah satu atlet terbaik di sektor ganda campuran. Dedikasi, disiplin dan komitmennya luar biasa. Ini yang membuat dia bisa meraih banyak gelar juara dan masuk dalam jajaran elit dunia,” ujaryanya.

Susy berharap semangat juang seorang Tontowi bisa menular ke atlet atlet muda yang ada di pelatnas sehingga roda regenerasi di ganda campuran terus berjalan. Seperti diketahui, bersama Liliyana, Tontowi merupakan andalan Indonesia di berbagai turnamen bulutangkis level dunia. Tak hanya emas olimpiade, Tontowi/Liliyana juga merupakan Juara Dunia 2013 dan 2017. Mereka juga membuat sejarah dengan meraih gelar hat trick di turnamen bergengsi All England pada tahun 2012, 2013 dan 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *