Sebab-Sebab Mandi Junub

Sebab-Sebab Mandi Junub

Mandi junub menjadi salah satu mandi yang secara khusus dilakukan oleh seseorang. Mandi junub bertujuan untuk membersihkan seseorang dari hadats besar. Ini berlaku untuk laki-laki dan juga perempuan, karena keduanya memiliki alasan masing-masing saat sedang dalam keadaan junub. Cara mandi junub juga telah di atur dalam ajaran agama Islam.

Beberapa Sebab Mandi Junub

Terdapat beberapa sebab yang mengharuskan seseorang untuk mandi junub. Karena jika tidak, Anda tidak akan bisa melaksanakan ibadah-ibadah tertentu. Berikut adalah macam-macam penyebab seseorang harus melaksanakan mandi junub.

  1. Setelah Selesai Haid

Salah satu sebab dari mandi junub adalah selepas haid. Haid menjadi sebuah hal yang pasti dialami oleh semua wanita. Karena ini merupakan regenerasi dari telur-telur dalam rahim seorang wanita, jika sel telur tidak dibuahi maka akan terjadi peleburan yang membuatnya menjadi haid.

Jadi, haid itu adalah sel telur dari ovum wanita yang mengalami peleburan karena tidak dibuahi selama sebulan oleh sel sperma laki-laki. Setelah selesai haid, seorang wanita wajib hukumnya untuk segera mandi janabah. Supaya dapat segera melakanakan ibadah wajibnya, seperti sholat dan puasa.

  1. Setelah Selesai Nifas

Nifas hampir sama seperti haid, intinya sama-sama keluarnya darah dari bagian intim seorang wanita. Namun, nifas ini adalah darah yang keluar selepas melahirkan. Biasanya masa keluar nifas ini sekitar enam puluh hari. Bisa juga lebih dari itu.

Setelah selesai nifas, sangat wajib bagi Anda untuk segera mandi janabah. Supaya badan dapat bebas dan suci dari hadas besar. Dengan begitu, dapat segera melaksanakan ibadah-ibadah tertentu, seperti sholat, puasa, mengaji dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Setelah Selesai Berhubungan Suami Istri

Berikutnya yakni selepas berhubungan intim antara suami dan istri. Bagi pasangan suam istri yang telah selesai berhubungan intim sangat wajib untuk segera mandi janabah. Karena saat seorang manusia masih berhadas, segala amalan wajibnya tidak bisa diterima karena masih dalam keadaan berhadas.

Setelah selesai mandi janabah, maka setiap perbuatan ibadah yang Anda lakukan dapat dikatakan sah. Karena sudah bebas dari hadas besar pada tubuh tersebut, Tentu hal ini memang sangat penting dan wajib untuk segera dilaksanakan.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai sebab-sebab mandi junub. Terdapat beberapa alasan penting yang harus Anda ketahui mengenai mandi janabah ini. Setiap orang yang berhadas dan telah selesai, maka memang sudah seharusnya untuk segera melaksanakan kewajiban ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *