MUI Imbau Tidak Ada Pengerahan Massa Pada Peringatan Maulid di Zona Merah

MUI Imbau Tidak Ada Pengerahan Massa Pada Peringatan Maulid di Zona Merah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di zona merah Covid 19 tidak dilaksanakan dengan pengerahan massa. Ketua Bidang Komisi Dakwah MUI, Cholil Nafis meminta agar peringatan Maulid Nabi dilaksanakan dengan menjaga jarak untuk menghindari penyebaran virus corona. Sementara untuk wilayah di luar zona merah, MUI mempersilakan umat Islam memperingati Maulid Nabi di berbagai tempat.

Meski begitu, dirinya mengingatkan agar masyarakat selalu taat menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak. "MUI sebagaimana dalam fatwanya. Silakan masyarakat menjalankan ajaran agamanya termasuk menjalani Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Cholil. "Bisa dilaksanakan di Masjid, lapangan. Di tempat yang aman, menjadi physical distancing, mengikuti protokol kesehatan," tambah Cholil.

Dirinya juga meminta agar masyarakat dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aparat dan Satgas Covid 19 ketika ingin mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. "Tentu dengan masyarakat, berkoordinasi dengan aparat, berkoordinasi dengan satgas. Kiranya bisa aman dari penularan pandemi Covid 19," ucap Cholil. Seperti diketahui, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis (29/10/2020). Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini merupakan yang pertama kali dirayakan saat pandemi Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *