Minuman Terbaik dan Minuman yang Harus Dihindari bagi Penderita Diabetes

Minuman Terbaik dan Minuman yang Harus Dihindari bagi Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya. Jadi, untuk mengelola diabetes, diet sehat dan minuman rendah kalori sangat disarankan bagi penderita diabetes. Minuman rendah kalori juga untuk mencegah lonjakan kadar gula darah.

Penderita diabetes harus minum cukup air untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dalam jumlah yang lebih tinggi menurunkan risiko diabetes tipe 2. Dalam sehari minimal wanita harus minum 9 gelas air dan pria harus minum 13 gelas air.

Peneliti menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kopi mengandung komponen aktif yang dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Air yang diinfuskan dengan irisan buah jeruk, seperti lemon dan jeruk nipis, beri, dll.

Disebut air perasa atau air infus buah. Ini membantu menurunkan kadar gula darah karena tidak mengandung kalori. Sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan lidah buaya ke dalam air juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena lidah buaya memiliki sifat antidiabetik.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi susu selama masa remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena antioksidan polifenol yang ada di dalamnya. Orang diabetes harus minum teh hijau karena membantu fungsi sistem metabolisme yang lebih baik.

Soda mengandung pemanis buatan yang mungkin memiliki efek negatif pada bakteri usus. Hal ini, dapat meningkatkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan atau memperburuk diabetes. Minum minuman berenergi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah.

Itu karena minuman energi ini dikemas penuh dengan pemanis buatan, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas. Jika kamu menderita diabetes, sebaiknya hindari minum alkohol secara berlebihan. Sebuah studi menemukan bahwa pria yang minum minuman beralkohol memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Jus buah yang dibeli di pinggir jalan mengandung gula atau sirup tingkat tinggi. Ini bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan menambah berat badan. Jadi, pertimbangkan untuk lebih memilih meminum jus buah asli yang diekstrak dari buah buahan karena mengandung gula alami yang tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah.

Bagi penderita diabetes, memilih minuman yang tepat dapat membantu mengelola penyakit dan menurunkan risiko komplikasi. Dalam memilih minuman, jika kamu ingin sedikit manis, coba tambahkan buah ke dalamnya dan hindari menggunakan pemanis buatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *