Mendes PDTT Menargetkan Masyarakat Desa Memiliki 4 Masker Lewat Dana Desa

Mendes PDTT Menargetkan Masyarakat Desa Memiliki 4 Masker Lewat Dana Desa

– Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menargetkan masyarakat desa setidaknya memiliki 4 masker. Namun, target itu tidak serta merta dibebankan kepada masyarakat melainkan dibantu dengan dana desa. “Kita berikan ruang, dari 4 masker, minimal atau maksimal 2 yang disediakan dengan dana desa,” kata Abdul Halim dalam Rakor Sosialisasi Covid 19 yang berlangsung lewat media daring, Youtube Kemendagri, Senin (10/8/2020).

Abdul Halim mengatakan standar desa aman dari Covid 19 adalah dengan menerapkan secara ketat adaptasi kebiasaan baru. “Bukan hanya kampanyenya tapi ada implementasinya,” kata Abdul Halim. Ia mengatakan sudah satu minggu Kementeriannya menyampaikan ke desa desa agar melakukan pengadaan masker untuk implementasinya.

“Ada dua jenis pengadaan masker, target kita adalah tiap warga desa memiliki 4 masker yang bisa dicuci. karena ini memang ini sudah harus menjadi kebiasaan,” ucapnya. Abdul Halim mengatakan gerakan aksi setengah milyar masker ini bukan semata urusan produksi saja. Menurutnya produksi bisa dilakukan melalui program Bung Des, dana desa dan juga dengan menggerakan donator sesuai dengan semangat gotong royong.

“Minimal atau maksimal 2 yang disediakan dengan dana desa. Yang dua dilakukan dengan cara gotong royong,” katanya Dengan adanya pengadaan masker dengan dana desa, politikus PKB itu berharap masker dapat dijual juga dengan harga murah dan masyarakat semakin sadar menjalankan kebiasaan baru. “Tidak ada lagi alasan lagi kalau masker ketinggalan atau masker dicuci dan sebagainya,” katanya.

Ia juga meminta kepada Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk melakukan distribusi dan sosialisasi. Tim yang dipimpin istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, yaitu Tri Tito Karnavian itu diharapkan tidak hanya memberikan distribusi dan sosialisasi di jalan saja, melainkan dari pintu ke pintu. “Yang kami mohon dukungan dari ibu Ketua Umum PKK adalah distribusi dan sosialisasi penggunaan masker dari rumah ke rumah. Dengan demikian tidak sekedar membagikan di jalan. Tapi kami berharap, masker yang diadakan dengan dana desa dan melalui bung des tersalur dengan signifikan dari rumah ke rumah,” kata Abdul Halim

“Tentu yang bisa melakukan satu satunya adalah TP PKK di tingkat desa. Surat terkait edaran ini juga sudah kita kirimkan dan tembusannya kepada Ketua TP PKK,” tambah Abdul Halim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *