Marc Marquez Terancam Lewatkan Sisa Balapan MotoGP 2020

Marc Marquez Terancam Lewatkan Sisa Balapan MotoGP 2020

Pembalap Repsol Honda dan juga Juara Dunia MotoGP, Marc Marquez terancam absen satu musim penuh. Marc Marquez menjalani musim yang rumit setelah mengalami kecelakaan hebat saat turun pada balapan perdana MotoGP2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol (19/7/2020). Kecelakaan yang dialami Marc Marquez menyebabkan cedera patah tulang humerus di lengan kanan yang cukup parah sehingga harus dioperasi.

Namun sayangnya, program operasi yang dilakukan Marc Marquez dianggap gagal dan membuatnya terancam absen satu musim penuh. Marc Marquez awalnya diperkirakan absen pada balapan berikutnya. Namun, alih alih istirahat, The Baby Alien mencoba untuk kembali lebih cepat. Marquez pada akhirnya mengurungkan niat setelah merasa tidak nyaman dengan lengannya.

Berusaha memulihkan fisiknya, Marquez mendapat musibah tambahan setelah mengalami insiden di rumahnya sendiri. Operasi kedua dilakoni Marquez untuk mengganti plat fiksasi yang patah. Marquez pun mesti menepi lebih lama, setidaknya hingga Oktober mendatang. Cedera yang dialami oleh Marquez mengundang perhatian dari ahli fisioterapi dan osteopati asal Spanyol, Ruben Garcia Ruiz, untuk memberikan komentarnya.

Dilansir BolaSport.com dari Tuttomotoriweb, Ruben Garcia Ruiz khawatir operasi kedua yang dijalani Marc Marquez tidak sepenuhnya berhasil. "Tulang humerusnya mengalami tekanan yang signifikan dan menyebabkannya harus menjalani operasi ulang yang tidak berjalan dengan baik," tutur Ruben Garcia Ruiz. Penilaian Ruiz tersebut muncul setelah melihat foto yang diunggah sang pembalap saat menonton balapan MotoGP Austria pada 16 Agustus silam.

Dalam foto tersebut tampak tangan kanan Marquez dibalut oleh gips. Menurut Ruiz, apabila operasi berjalan normal, gips tidak akan melewati siku. "Saya memiliki hipotesis yang lebih berisiko, kemungkinan operasi kedua tidak berjalan sebaik yang diharapkan," ujar Ruiz lagi. "Faktanya adalah semua tekanan yang ditanggung tulang mempersulit usaha untuk memposisikan ulang segala sesuatu dalam kondisi yang benar."

Ruben Garcia Ruiz menilai Marc Marquez memerlukan waktu yang lebih lama untuk memulihkan fisiknya. "Bahkan jika mereka mengizinkannya untuk menguji prototipe 2021 sebelum akhir muism, saya rasa dia harus menolaknya," kata Ruiz. "Jika ada sendi yang penting bagi seorang rider itu adalah siku karena semua kekuatan untuk mengendarai motor ada di sana," imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *