Makanan dan Minuman yang Membantu Turunkan Kolesterol!

Makanan dan Minuman yang Membantu Turunkan Kolesterol!

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di tubuh dapat memicu pembentukan plak, yang mana kondisi ini bisa menyumbat pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko tubuh terkena berbagai penyakit kronis seperti strok dan jantung. Sangat membahayakan, bukan? Maka dari itu, memiliki proteksi kesehatan dari asuransi Allianz merupakan pilihan yang tepat demi mendapatkan kenyamanan dan keamanan ketika masalah kesehatan terjadi.

Selain menerapkan pola hidup sehat, cara paling ampuh yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kolesterol adalah mengonsumsi berbagai makanan dan minum berikut, di antaranya.

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, arugula, dan kangkung, terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Hal ini karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

 

  1. Kacang-kacangan

Seperti diketahui, kacang-kacangan juga termasuk ke dalam makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol di tubuh karena kandungan fitorterol yang dimilikinya. Kandungan ini dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh.

 

  1. Pisang

Pasalnya, pisang memiliki kandungan inulin yang sangat berguna untuk mengurangi kolesterol dari berbagai makanan yang Anda konsumsi. Karena inilah, pisang tentunya dapat mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

 

  1. Oat

Oat merupakan salah satu makanan sehat yang terbuat dari gandum. Gandum itu sendiri mengandung beta glucan yang diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Tidak hanya itu, beta glucan pada oat juga diketahui dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

 

  1. Teh hijau

Selain makanan, beberapa minuman juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu adalah teh hijau. Minuman ini sendiri mengandung katekin yang dibuktikan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

 

  1. Susu kedelai

Minuman selanjutnya yang terbukti dapat dijadikan minuman pilihan untuk menurunkan kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai mengandung isoflavone yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan yang berasal dari olahan kacang keledai juga memiliki kandungan isoflavon yang tinggi seperti tempe dan tahu sehingga aman dikonsumsi.

 

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi dalam upaya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mencari produk dengan tambahan vitamin B1 dan B2. Tujuannya, agar proses pencernaan serta pembakaran lemak dan karbohidrat dapat berjalan dengan lebih baik, yang tentu saja akan membantu Anda dalam menurunkan kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *