Ketatkan PSBB, Pemeriksaan Pemudik Masuk Karawang Akibatkan Macet Panjang

Ketatkan PSBB, Pemeriksaan Pemudik Masuk Karawang Akibatkan Macet Panjang

KOMPAS.TV Situasi penyekatan larangan mudik di sejumlah daerah. Salah satunya di Jalan Kalimalang yang menjadi jalanan arteri menuju wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Hingga Jumat (22/5/2020) malam, polisi di pos penjagaan Sumber Arta Kalimalang, memeriksa satu persatu kendaraan yang dicurigai akan bermudik ke wilayah Jawa Tengah.

Ini merupakan hari pertama pemberlakuan PSBB fase ketiga di cek poin Kalimalang. Puluhan kendaraan yang diketahui akan bermudik dan melanggar PSBB diputarbalikkan. Petugas juga memeriksa surat izin keluar masuk Jakarta.

Di Purwakarta, Jawa Barat, arus lalu lintas di ruas tol cipali di kilometer 73 Cikopo terpantau sepi. Namun, terlihat ada beberapa bus antar kota antar provinsi yang melintas. Sepinya arus mudik ini lantaran banyak kendaraan yang hendak menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur diputarbalikkan di wilayah Bekasi.

Di Cirebon, Jawa Barat, kondisi arus lalu lintas di jalur utama pantura ramai oleh kendaraan roda empat dan roda dua, serta bus angkutan umum. Sejumlah pemudik terlihat menggunakan motor dengan kecepatan tinggi dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa Tengah. Terlihatnya para pemudik ini menandakan masih banyaknya pemudik yang lolos dari pemeriksaan petugas di tengah larangan mudik oleh pemerintah.

Di Karawang, Jawa Barat, ribuan kendaraan pemudik dari Jakarta diperiksa ketat satu persatu oleh petugas gabungan. Pemeriksaan dengan minimnya petugas ini mengakibatkan kemacetan cukup panjang. Penjagaan malam hari ini petugas hanya memeriksa kendaraan roda empat yang dicurigai akan melakukan perjalanan mudik, sementara untuk kendaraan roda dua diloloskan dari pemeriksaan ini dan diarahkan untuk diperiksa di pos cek poin lainya di wilayah Kabupaten Karawang.

Sejumlah kendaraan diputar balikan karena terbukti akan melakukan perjalanan mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *