Jawaban Soal SD Kelas 1-3 TVRI Selasa 9 Juni 2020 : Materi Mengenal Bangun Ruang

Jawaban Soal SD Kelas 1-3 TVRI Selasa 9 Juni 2020 : Materi Mengenal Bangun Ruang

Berikut ini jawaban soal SD kelas 1 3 program Belajar dari Rumah TVRI. Program Belajar dari Rumah untuk SD kelas 1 3 pada Selasa (9/6/2020) hari ini, akan membahas materi Mengenal Bangun Ruang. Dalam tayangan tersebut, siswa SD kelas 1 3 diharuskan untuk menjawab tiga soal di setiap segmen.

Tuliskan masing masing 2 benda di rumahmu yang memiliki bentuk tabung, kerucut, balok, kubus, prisma, dan bola! Gambarkan 3 bola dengan ukuran yang berbeda, lalu urutkan dari yang paling kecil! Untuk kelas 3: Jelaskan sifat sifat kubus!

Masing masing 2 benda di rumah dengan berbagai bentuk : Tabung : Gelas, kaleng susu, toples, ember, tong sampah Kerucut : Topi ulang tahun, topi petani, kukusan, tutup makanan, corong, tumpeng

Balok : Lemari, kasur, kardus mie, container, akuarium, bak kamar mandi, batu bata Kubus: dadu, kotak makanan Prisma : tenda (prisma segitiga), lemari (prisma segi empat)

Bola : Bola lampu, kelereng, jeruk, melon, kelereng. Berikut gambar bola yang dimaksud: Sifat sifat kubus diantaranya adalah:

Memiliki 6 buah sisi berbentuk persegi yang ukurannya sama luas Memiliki 12 rusuk yang sama Panjang Memiliki 8 titik sudut

Kubus mempunyai 6 bidang diagonal dan 4 diagonal ruang serta 12 diagonal bidang 1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. Orang tua juga perlu mengajukan pertanyaanpertanyaan kepada anak tentang kata kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya.

Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata kata tersebut. 2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut. 3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.

4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak. 5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut. 6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi.

Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam. 7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya. Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan. 2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.

4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut. 5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *