Ini Bagian Pesawat yang Memiliki Risiko Tertinggi Penularan Covid-19

Ini Bagian Pesawat yang Memiliki Risiko Tertinggi Penularan Covid-19

Kekhawatiran penumpang pesawat terhadap penularan covid 19 selama penerbangan memang tak bisa dipungkiri. Pasalnya saat covid 19 mewabah, pesawat menjadi salah satu moda transportasi dengan risiko penularan yang cukup tinggi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa ada bagian dalam pesawat yang memiliki risiko tertinggi penularan covid 19.

Penerbangan tersebut berlangsung saat Italia mengalami lonjakan kasus covid 19. Rencananya penerbangan tersebut akan mengangkut 310, namun ada 11 penumpang dengan gejala covid 19 yang dihentikan sebelum naik pesawat. Sementara itu, 299 penumpang yang tersisa tidak hanya menerapkan social distancing, tapi juga diberikan masker N95 untuk dikenakan selama penerbangan.

Para penumpang hanya diperbolehkan melepas masker selama makan dan menggunakan toilet. Setelah mendarat di Korea Selatan, seluruh penumpang diisolasi sendiri selama dua minggu. Enam penumpang dinyatakan positif pada hari pertama karantina, meskipun tidak memiliki gejala.

Namun, seorang wanita dinyatakan positif pada hari terakhir isolasi, yang menunjukkan bahwa dia tertular saat penerbangan, dan dia terbukti menggunakan toilet di pesawat. Studi yang berjudul 'Asymptomatic Transmission of SARS CoV 2 on Evacuation Flight' , menjelaskan bahwa dalam penerbangan dari Milan, Italia, ke Korea Selatan, dia mengenakan masker N95, kecuali saat menggunakan toilet. Toilet digunakan bersama oleh penumpang yang duduk di dekatnya, termasuk pasien tanpa gejala.

"Dia duduk berjarak 3 baris dari pasien tanpa gejala. Mengingat bahwa dia tidak pergi keluar dan telah dikarantina sendiri selama 3 minggu sendirian di rumahnya di Italia sebelum penerbangan dan tidak menggunakan transportasi umum untuk sampai ke bandara, kemungkinan besar infeksi yang ditularkannya dalam penerbangan melalui kontak tidak langsung dengan pasien tanpa gejala." ungkap tulisan dalam studi Asymptomatic Transmission of SARS CoV 2 on Evacuation Flight . Studi tersebut juga menjelaskan bahwa berkat filter pesawat, kecil kemungkinan virus menyebar melalui udara. Akan tetapi dapat menyebar melalui kontak tidak langsung, seperti toilet bersama di dalam pesawat.

Studi tersebut menambahkan bahwa berkat prosedur pengendalian infeksi yang kuat sebelum dan selama penerbangan, penjelasan paling masuk akal adalah penumpang terinfeksi saat menggunakan toilet dalam pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *