Hampir Satu Bulan Ditahan Polisi, Jerinx SID Buat Dua Lagu dari Dalam Sel, Ini Liriknya

Hampir Satu Bulan Ditahan Polisi, Jerinx SID Buat Dua Lagu dari Dalam Sel, Ini Liriknya

Sejak jadi tersangka dan ditahan kepolisian pada 12 Agustus lalu, IGede Ari Astina alias Jerinx SID sudah membuat dua lagu dari dalam penjara. Dua lagu yang diciptakan Jerinx itu berjudul Langgam Juang serta Sabda Bawah Tanah, semua ia ciptakan dari dalam rutan Polda Bali. Lirik yang ditulis oleh Jerinx itu dipublikasikan sang istri Nora Alexandra melalui unggahan di akun Instagramnya @ncdpapl.

Lagu pertama yang diciptakan yakni Sabda Bawah Tanah, ditulis drummer SID itu pada 3 September lewat secarik kertas dari dalam sel. Dikatakan Nora, lagu tersebut semula merupakan sebuah puisi dan setelah jadi lalu coba dinyanyikan dengan menggunakan galon di dalam sel sebagai pengiring iramanya. "Puisi ini sudah beliau jadikan lagu yang diciptakan di dalam penjara tanpa satupun alat musik, hanya bermodalkan pita suara dan galon sebagai perkusi," tulis Nora dalam keterangan unggahannya.

Syair itu ditulis Jerinx sebagai bentuk terimakasihnya kepada orang orang yang dengan tulus mencurahkan tenaga dan waktu untuk membantu rakyat kecil. "Suami saya @jrxsid meminta saya mengunggah puisi yang beliau tulis di penjara ini, sebagai bentuk rasa terima kasihnya kepada semua individu merdeka yang sudah dengan tulus mencurahkan banyak waktu dan tenaga guna menggalang solidaritas untuk perjuangan rakyat kecil," terangnya. Nora pun berharap teman teman Jerinx mau menyanyikan dan merekam lagu itu nantinya.

"Semoga kawan~kawan musisi beliau mau beramai~ramai menyanyikan dan merekamnya," harapnya. Sementara itu, lirik lagu kedua yakni Langgam Juang, ditulis Jerinx sehari setelahnya pada 4 September. Lagu Langgam Juang ini, kata Nora, merupakan lagu yang ditulis Jerinx untuk dirinya serta didedikasikan untuk korban ketidakadilan hukum.

Sama dengan lagu pertama, lagu ini juga diciptakan bermodal galon minum sebagai alat untuk pengiring nadanya. "Lagu LANGGAM JUANG ini ditulis suami saya @jrxsid di dalam penjara hanya bermodalkan pita suara dan galon sebagai perkusi. Kata beliau lagu ini ditulis untuk @vlaminora dan didedikasikan untuk semua korban ketidakadilan hukum di Indonesia, " ungkap Nora. Getar semesta kan restui Sabda bawah tanahmu yang tak sempurna Kawan jangan menyerah Pijarkan hati yang berani Kedua kaki tetap di bumi

Di sebuah tempat yang terpencil Di sanalah bertemunya orang pintar yang terpinggirkan Dirancanglah kerangka baru tuk maju Dengan kaki tetap di bumi Ku rinda baramu Rindu semangatmu Tetaplah mengangkasa sebagai pemenang Lukamu hari ini kawan jalani dengan bangga Menyala indah Kau tek pernah padam

Terjebak di sini Waktu tak bergerak Ragaku terkunci Nalar merindu merdeka Asmara takkan lenyap Geram ia menantang Keterjemahkan dalam sebuah langgam Tentang juang dan kebebasan Di balik jeruji berkumandang Remah baja perlahan jadi bara Indah sungguh luar biasa

Tak bisa binasa Tanpa diadili Bersama semesta Akan ku bakar derita Langgam juang siarkan kebebasan Di balik jeruji berkumandang Remah baja perlahan jadi bara Indah sungguh luar biasa Kamis (10/9/2020) ini, Jerinx SID diagendakan menjalani sidangperdana terkait pencemaran nama baik yang menjeratnya.

Namun demikian, pada sidang perdana ini Drummer Superman Is Dead (SID) itu memilih walk out atau keluar dari persidangan. Jerinx keluar dari ruang sidang bersama dengan penasihat hukumnya. Ia mengaku audio yang digunakan saat persidangan tidak jelas dan putus putus.

"Saya ndak dengar apa, putus putus, saya merasa sedang tidak berbicara dengan manusia," kata Jerinx saat diwawancara di lantai tiga kantor Ditreskrimsus Polda Bali seperti diberitakan Kepada awak media, Jerinx juga mengungkapkan alasannya kenapa tidak mau menjalani sidang online. Di era teknologi yang canggih seperti sekarang, Jerinx merasa ada potensi gangguan gangguan yang terjadi dalam proses persidangan online, baik itu manipulasi layar dan sebagainya, sehingga tidak menjamin proses persidangan berjalan dengan adil.

"Manipulasi itu bisa terjadi, ketika saya live instagram saja, sinyal saya sering di hack, ketika bicara isu penting suara saya hilang," kata Jerinx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *