Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Mobil Esemka

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Mobil Esemka

Dalam beberapa tahun belakangan ini, mobil Esemka menempati trending dalam pencarian. Pasalnya, mobil yang melambung berkat embel-embel buatan dalam negeri ini memang patut diperhitungkan. Yuk, simak ulasan menarik mengenai mobil karya anak dalam negeri yakni siswa-siswi SMK di artikel berikut ini.

Hal-Hal yang Harus Diketahui tentang Mobil Esemka

Pada tahun 2019, mobil buatan Indonesia yakni Esemka yang menyita perhatian khalayak ramai berkat tagline mobil dalam negerinya. Meski fokus utamanya adalah pada mobil kargo atau muatan, namun sepak terjangnya sudah diakui secara nasional. Lalu, apa saja hal-hal menarik yang harus kamu ketahui tentang mobil ini?

  1. Asal-Usulnya

Pertama, mobil yang digandeng PT Adiperkasa Citra Esemka Hero ini berasal dari hasil rakitan siswa SMK di Solo. Perakitannya merunut pada program yang diselenggarakan oleh Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karya ini kemudian dikembangkan dan menjadi produksi massal dengan prototipe mobil awal.

  1. Dipakai Kendaraan Dinas

Kedua, mobil karya anak bangsa ini melahirkan generasi pertamanya yang bernama Rajawali. Tentunya, mobil ini menjadi trending topic saat itu di tahun 2012. Maka tidak heran, walikota Solo di masa itu memutuskan Esemka menjadi mobil dinasnya.

  1. Lulus Uji Emisi

Ketiga, fakta menarik dari mobil ini adalah produknya yang sudah lolos uji emisi di tahun 2012 silam. Pengujian dilakukan oleh BTMP atau Balai Termodinamika Motor dan Propulsi Serpong. Kendaraan yang dijadikan sampel uji adalah Esemka Rajawali dimana kelulusan ini kemudian dirayakan di Solo oleh walikota saat itu.

  1. Kerjasama dengan Pihak Luar

Terakhir, pihak produsen mobil buatan Indonesia ini ingin memperluas pasar sehingga menjalin kerjasama dengan pihak luar. PT Adiperkasa Citra Esemka Hero sendiri selaku pemegang merk pun menyetujui kemitraan. Pada akhirnya, Esemka bermitra dengan pabrikan China seperti Guangdong Foday Automobile dan menghasilkan beberapa produk SUV.

Demikian ulasan menarik mengenai hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai mobil Esemka. Tentunya, mobil karya anak dalam negeri sangat patut untuk kamu perhitungkan pemakaiannya. Semoga ulasannya bermanfaat ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *