Demi Menolong UMKM, Sri Mulyani Ajak Masyarakat Jajan di Warteg

Demi Menolong UMKM, Sri Mulyani Ajak Masyarakat Jajan di Warteg

Menteri Keuangan Sri Mulyani memiliki pesan penting untuk disampaikan kepada masyarakat di tengah mewabahnya pandemi Covid 19. Menurutnya, masyarakat memiliki peran penting di masa pandemi, terutama dalam membantu keberlangsungan UMKM. Bendahara Negara itu mengatakan, masyarakat bisa berkontribusi membantu UMKM dengan membeli produk produk mereka. Hal tersebut pun bisa dilakukan mulai dari lingkungan terdekat.

"Jangan hanya bergantung kepada pemerintah untuk melakukan peran tersebut. Setiap dari Anda bisa memberikan kontribusi yang signifikan, mulai dari membeli produk produk UMKM , membeli makanan di warteg dekat rumah anda, atau membeli produk dari orang orang seperti chef yang sempat bekerja di hotel kemudian dirumahkan," ujar Sri Mulyani dalam sebuah webinar yang diadakan The Jakarta Post, Rabu (19/8/2020). Bendahara Negara itu mengatakan, pemerintah telah menjalankan peran membantu UMKM melalui berbagai stimulus. Mulai dari bantuan dalam bentuk subsidi bunga, relaksasi pembayaran pokok, hingga hibah sebesar Rp 2,4 juta yang disalurkan untuk 12 juta UMKM.

Pemerintah, menurutnya, juga Sudah m Enggelontorkan anggaran untuk membantu 40 persen penduduk RI yang masuk dalam kategori menengah ke bawah.

"Kami melakukan yang terbaik untuk menggelontorkan bantuan baik melalui institusi formal seperti perbankan hingga non formal melalui PMN, Pegadaian, dan koperasi untuk bisa mendistribusikan ke sebanyak mungkin UMKM," ujar dia. Sri Mulyani mengatakan, peran masyarakat kelas menengah untuk mendukung perekonomian dari sisi permintaan menjadi penting. Kelas menengah ke atas bisa berkontribusi terhadap perekonomian dengan melakukan akitivitas seperti bepergian hingga melakukan perjalanan bisnis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami dari pemerintah akan terus melakukan yang terbaik meski ada halangan seperti persoalan data," ujar dia. Penulis : Mutia Fauzia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *