Cuti Bersama Oktober 2020 Sebagai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tetap Dilaksanakan

Cuti Bersama Oktober 2020 Sebagai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tetap Dilaksanakan

Cuti bersama bulan Oktober 2020 mendatang tetap dilaksanakan. Cuti bersama Oktober 2020 ditetapkan pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sebagaimana termuat dalam Surat Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2020 tentang cuti bersama pegawai aparatur sipil negara tahun 2020.

Dikutip dari , keputusan tetap melaksanakan cuti bersama diputuskan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10/2020). "Sesuai arahan Presiden, menetapkan cuti dan libur dalam kaitannya dengan peringatan Maulid Nabi tetap dilaksanakan, jadi tidak ada perubahan," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy seusai mengikuti rapat terbatas. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada 29 Oktober.

Sementara tanggal 31 Oktober dan 1 November jatuh pada hari Sabtu dan Minggu yang merupakan libur akhir pekan. Keputusan tidak membatalkan cuti ini berarti akan ada libur panjang selama lima hari. Terhitung dari 28 Oktober hingga 1 November.

Pemerintah juga menyadari bahwa libur panjang ini berpotensi membuat tempat wisata ramai yang tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan penyebaran Covid 19. Namun, Muhadjir mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta jajarannya untuk mengantisipasi hal ini. "Karena masih berkaitan dengan upaya kita untuk menanggulangi wabah Covid 19, Bapak Presiden menyampaikan supaya kegiatan libur dan cuti bersama ini jangan menjadi faktor menaiknya angka kasus dan peningkatan masalah Covid 19," kata dia.

Muhadjir menambahkan, Presiden Jokowi sudah meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Satu di antaranya untuk mengantisipasi adanya kerumunan di tempat wisata. Selain itu, Tito juga mengimbau bagi masyarakat di zona merah untuk tidak pulang kampung.

Diwartakan sebelumnya, Jokowi tidak ingin ada klaster baru dari libur panjang akhir Oktober 2020. "Mengingat kita memiliki pengalaman kemarin, libur panjang yang pada satu setengah bulan yang lalu mungkin, setelah itu terjadi kenaikan yang agak tinggi," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas antisipasi penyebaran Covid 19 saat libur panjang akhir Oktober 2020, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (19/10/2020). Jokowi melanjutkan, antisipasi perlu dipersiapkan agar tidak ada lonjakan kasus baru.

Menurut Presiden per 18 Oktober 2020 rata rata kasus aktif di Indonesia mencapai 17,69 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan rata rata kasus aktif dunia sebesar 22,4 persen. "Ini bagus sekali, kita 17,69 persen, sementara dunia 22,54 persen," kata Presiden.

Tidak hanya itu angka kesembuhan juga menurut Presiden menunjukkan adanya perbaikan. Angka kesembuhan di Indonesia mencapai 78,84 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari rata rata kesembuhan dunia yaitu 74,67 persen. "Saya kira hal hal seperti ini yang harus terus kita perbaiki sehingga kita harapkan trend kasus di Indonesia akan semakin membaik," pungkasnya.

Berdasarkan Keppres No 17 Tahun 2020, libur dan cuti bersama masih ada di bulan Desember tahun ini. Bahkan tercatat terdapat 11 hari libur dan cuti bersama. Banyaknya jumlah tersebut merupakan imbas dari pergeseran cuti bersama Idul Fitri 1441H yang digeser ke akhir tahun.

Kembali dikutip dari , sebelum cuti bersama Idul Fitri 1441 Hijriah, ASN akan mendapat jatah libur nasional hari raya Natal tanggal 24 25 Desember pada Kamis dan Jumat. Kemudian dilanjutkan libur akhir pekan, Sabtu Minggu tanggal 26 27 Desember dan cuti bersama Senin Kamis tanggal 28 31 Desember sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri l44l Hijriah. Lalu, dilanjutkan libur tahun baru pada Jumat, 1 Januari 2021; serta akhir pekan, Sabtu Minggu pada 2 3 Januari 2021.

Jika ditotal, ASN bisa libur panjang pada akhir tahun selama 11 hari. Berikut daftar Libur dan Cuti Bersama Oktober 2020 Desember 2020: 28 Oktober : Cuti bersama 29 Oktober : Maulid Nabi Muhammad SAW 30 Oktober: Cuti bersama 31 Oktober 1 November: Libur akhir pekan

Tidak ada libur nasional dan cuti bersama 24 25 Desember: Cuti bersama dan Natal 26 27 Desember: Libur akhir pekan 28 31 Desember: Cuti Idul Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *