Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Apek

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Apek

Daging kambing merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bisa diolah jadi berbagai macam masakan khas nusantara yang pastinya punya rasa enak dan lezat. Agar rasanya semakin nikmat pastikan daging kambing sudah terbebas dari bau apek.

Cara Jitu Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau Apek

Makan sate kambing dengan siraman kecap pedas pasti akan jadi menu favorit. Agar selera makan tidak terganggu Anda juga harus memastikan bau apek sudah tidak tertinggal pada daging. Beberapa cara dibawah ini bisa jadi petunjuk jika baru pertama kali mengolah daging.

  1. Campurkan dengan Bahan Lainnya

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya. Biasanya ada campuran dari daun jeruk nipis untuk menghilangkan bau prengus pada daging itu sendiri. Tinggal lumuri saja ke bagian dagingnya sebelum masuk ke proses memasak.

Selain diberikan daun jeruk nipis Anda juga bisa memberikan rempah-rempah masakan lain saat sedang merebus daging. Dengan begitu daging kambing akan terbebas dari bau apek yang bisa saja masih tersisa saat sedang mengolahnya menjadi makanan lan.

  1. Merebus dengan Lobak

Selanjutnya adalah merebusnya dengan lobak. Cara ini cukup ampuh dan jarang gagal ketika coba diterapkan. Oleh karena itu Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau prengus atau kurang sedap pada daging. Cukup sediakan setidaknya dua sampai tiga buah lobak saja.

Namun banyaknya lobak tergantung pada jumlah daging yang akan direbus. Bila memang banyak dan tidak cukup hanya tiga lobak saja, Anda bisa menambahnya. Lobak mengandung kadar klorin yang rendah sehingga bisa membuat bau prengus pada daging kambing keluar.

  1. Dimarinasi dengan Nanas

Cara ini pastinya sudah sering digunakan oleh kalian yang hobi mengolah daging kambing atau memang sering memasaknya. Menggunakan buah nanas sebagai alat agar bau prengus pada daging hilang tak bersisa. Cara ini sekaligus juga bisa membuat tekstur jadi lebih kenyal.

Cukup marinasi atau diamkan daging kambing dengan nanas. Caranya adalah parut nanas muda kemudian masukkan ke potongan daging. Diamkan setidaknya selama 10 menit sampai 35 detik, pastikan selama waktu marinasi tidak ada bagian yang kurang teredam dengan baik.

  1. Pisahkan dengan Bagian Lemaknya

Ternyata selama ini bagian asam-asam lemak pada daging juga bisa membuat bau prengus semakin tercium tajam. Untuk mengurangi bau prengusnya sebaikny coba untuk menguranginya dengan memotong atau memisahkan bagian lemak sebelum nantinya diolah.

Namun cara ini memang tidak bisa hilang 100%, hanya saja bisa mengurangi sampai 50%. Sisanya bisa coba dikombinasikan dengan campuran buah nanas. Dengan begitu daging akan terasa lebih lembut luar dalam juga punya tekstur berserat segar.

  1. Taburi dengan Garam

Terakhir adalah mencoba menaburkan garam ke permukaan daging kambing. Hal ini sangat bagus dan membantu agar bau daging kambing segar dan tidak prengus. Pakai teknik marinasi, diamkan setidaknya maksimal 50 menit.

Garam akan membantu untuk meresap ke dalam bagian daging kemudian menetralkan bau darahnya. Jika sudah selesai didiamkan maka bisa bersihkan kembali daging dengan air dingin yang mengalir sebelum akhirnya masuk ke pengolahan.

Daging kambing memang bisa jadi olahan makanan yang enak dan lezat jika berhasil mengolahnya dengan benar. Agar teknik yang digunakan bisa benar maka pakai petunjuk seperti penjelasan di atas, dijamin masakan jadi makin enak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *