Beberapa Penyakit Langka Ini Jarang Loh Ditanggung Asuransi!

Beberapa Penyakit Langka Ini Jarang Loh Ditanggung Asuransi!

Memiliki asuransi kesehatan atau dalam bahasa inggrisnya, health insurance memang memberikan banyak manfaat kepada Anda. Anda dan keluarga terproteksi dengan baik. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun ketika berobat ke rumah sakit. Tinggal menyerahkan kartu asuransi pada pihak rumah sakit rekanan, Anda bisa langsung berobat tanpa harus mengeluarkan uang cash. Tentu saja, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Meskipun demikian, tahukah Anda, tidak semua penyakit ditanggung pihak asuransi. Beberapa penyakit langka berikut merupakan di antaranya:

  1. Microcephaly

Melansir laman alodokter, microcephaly atau dikenal dengan mikrosefalus merupakan salah satu penyakit langka yang biasanya rentan menyerang bayi. Di mana, penyakit ini mengakibatkan kepala bayi berukuran lebih kecil dibanding ukuran kepala bayi normal dan tidak berkembang dengan sempurna. Kondisi seperti ini bisa terjadi ketika bayi masih dalam kandungan dan juga ketika di masa-masa pertumbuhannya.

Penyebab utama munculnya penyakit ini adalah karena cedera otak, infeksi pada ibu hamil, kelainan genetik, malnutrisi parah pada janin yang dikandung, terpapar zat berbahaya, hingga feniketonuria yang tidak segera ditangani.

  1. Kawasaki

Kawasaki merupakan penyakit langka yang sering menjangkiti anak balita atau yang usianya masih di bawah 5 tahun. Ketika menderita penyakit ini, anak-anak akan mengalami demam tinggi yang berlangsung selama kurang lebih tiga hari dan muncul ruam berwarna merah di sekujur tubuhnya.

Meski sampai saat ini masih belum diketahui apa sebenarnya penyebab munculnya penyakit ini, namun diduga kemunculannya terkait dengan kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua. Anak laki-laki biasanya lebih rentan diserang penyakit kawasaki ini.

  1. Progeria Hutchinson-Gilford

Progeria merupakan penyakit bawaan yang menyebabkan anak-anak mengalami penuaan dini di usia 2 tahun. Mengutip laman alodokter, penyakit langka satu ini disebabkan oleh kelainan genetik, yang mana membuat penderitanya mengalami penuaan dini di usia yang masih sangat muda.

Gejala dari penyakit ini ditandai dengan tinggi dan berat badan lebih rendah dibanding anak seusianya, rambut di kepala, alis, dan mata tidak tumbuh (botak), kulit menipis, keriput, dan muncul bintik kehitaman layaknya orang tua, sendi menjadi kaku, pembuluh darah vena tidak jelas, suara terdengar lebih nyaring, dan sebagainya.

  1. Neuromuscular

Neuromuscular merupakan kondisi di mana sistem saraf dan otot tidak bekerja sebagaimana mestinya. Seseorang yang menderita kondisi ini akan menunjukkan gejala yang ditandai dengan terganggunya pernapasan ketika tidur.

Seperti diketahui, proses tidur biasanya berlangsung dalam empat tahapan. Dimulai dari seseorang merasa mengantuk, berlanjut ke tahap dua ketika seseorang sedang tidur ringan, dan 3 dan 4 masuk tahap tidur nyenyak. Setelah memasuki tahap keempat akan mencapai tahap REM, saat seseorang bermimpi.

Seseorang yang mengalami penyakit Neuromuscular akan kesulitan untuk tidur dan biasanya memerlukan waktu lebih lama untuk tahap pertama hingga tahap kedua. Bahkan, beberapa di antaranya tidak bisa mencapai tahap REM.

Demikian ulasan mengenai beberapa penyakit langka yang jarang mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi kesehatan. Sudah tahu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *