Analis: RUU Cipta Kerja Bisa Bikin Rupiah Menguat di Tengah Panasnya Politik AS

Analis: RUU Cipta Kerja Bisa Bikin Rupiah Menguat di Tengah Panasnya Politik AS

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pengesahan Rancangan Undang undang (RUU) Cipta Kerja bisa bikin nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat. Penguatan itu dapat terjadi di tengah panasnya kondisi politik di AS karena RUU Cipta Kerja bisa memberikan optimisme terhadap investor asing. Kendati demikian, dia memperkirakan rupiah tidak menguat terlalu signifikan jika RUU Cipta Kerja disahkan menjadi Undang undang (UU).

"Melihat kondisi pandemi yang sekarang, mungkin penguatan juga tidak terlalu besar. Diperkirakan ke kisaran Rp 14.700 per dolar AS," kata Ariston. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menargetkan keberadaan RUU Cipta Kerja bisa menjadi jalan bagi perbaikan drastis struktur ekonomi nasional, sehingga bisa meraup angka pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,7 persen hingga 6 persen. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Hermin Esti Setyowati mengatakan, RUU Cipta Kerja sebagai sebuah terobosan regulasi diharapkan dapat mengurai masalah ketenagakerjaan yang makin kompleks dan mempermudah investasi.

"Setiap investasi diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru, sehingga bisa menyerap angkatan kerja yang ada," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *