10 Cara Mengirim Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

10 Cara Mengirim Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

Untuk anda yang ingin mengirim barang dari luar negri, maka Anda harus memahami terlebih dahulu cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia. Terutama mengenai prosedur – prosedur penting yang harus ditaati. Karena hal itu sangat wajib untuk diketahui dan dipatuhi.

Namun jika Anda merasa kebingungan dalam pengiriman barang ini, anda tidak perlu khawatir! Karena pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang cara tepat untuk kirim barang ke Indonesia, antara lain yaitu :

Apa Saja Cara Mengirim Barang dari Luar Negeri ke Indonesia ?

 

  1. Kontak Customer Service

Anda akan bisa melakukan kontak terhadap customer service untuk dapat melakukan pengiriman barang dengan cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengikuti panduan pengiriman yang sudah disiapkan oleh kilo.id saja.

  1. Estimasi Harga

Customer service akan memberikan estimasi harga yang harus dibayar atau ongkos pengiriman barang Anda. Estimasi ini hanya sebagai harga perkiraan saja. Dan untuk harga pasti nanti akan ada pengecekan kembali mengenai volume dan berat barang.

  1. Membuat Pembayaran

Setelah penyampaian estimasi harga, maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pembayaran biaya ongkos kirim. Anda bisa membayarkannya secara langsung atau via transfer saja untuk memudahkan prosesnya.

  1. Menyimpan Bukti Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, pastikan Anda tetap menyimpan Bukti pembayarannya. Ini bisa Anda gunakan sebagai bukti di kemudian hari bila ada pihak yang menanyakan mengenai pembayarannya.

  1. Penyiapan Semua Dokumen Anda

Setelah itu, semua dokumen uang diperlukan akan dipersiapkan oleh pihak jasa pengiriman secara lengkap. Jadi, Anda hanya tinggal mengawasi dan memastikan semuanya berjalan dengan baik.

  1. Pickup dari Kilo.id

Anda tidak perlu menyewa pickup sendiri untuk pengiriman barang tersebut. Karena pihak ekspedisi tersebut sudah menyediakan layanan free pickup bagi para pelanggannya.

  1. Rekalkulasi Volume, Berat dan Harga

Berikutnya adalah proses rekalkulasi atau penghitungan kembali mengenai volume, berat dan juga harga yang harus dibayarkan oleh pihak pengirim. Kemudian juga akan disesuaikan dengan ongkos kirim Malaysia ke Indonesia.

  1. Memberikan Uang Kembalian

Setelah proses rekalkulasi selesai, maka sisa uang yang Anda berikan akan dikembalikan. Jadi, Anda hanya perlu membayar uang pengiriman yang sesuai dengan jumlah yang sudah dihitung saja.

  1. Pengiriman

Setelah itu, pihak ekspedisi akan segera melakukan pengiriman barang Anda dengan baik. Semua hal termasuk kerusakan akan ditanggung oleh pihak eskepedisi jika Anda memberikan asuransi barang bagi paket kiriman Anda tersebut.

  1. Menunggu Barang Datang

Kemudian proses selanjutnya Anda tinggal menunggu paket Anda ini sampai dengan selamat ke luar negeri.

Sekian sedikit pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia dan ongkos kirimnya ini. Selamat membaca!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *